Tips trik komputer & Android terbaru dan paling kece

Mau Jalan-jalan ke Luar Negeri? Lakukan 3 Tips Ini agar Pulsa Tidak Habis Mendadak

Mau Jalan-jalan ke Luar Negeri?
Sumber gambar: puretravel.com
Pernah mendengar adagium “seperti katak dalam tempurung”? Peribahasa ini jugalah yang terus memacu orang-orang, khususnya generasi milenial, untuk terus berjalan-jalan jauh dari tempat tinggalnya. Tidak hanya menjelajah bumi Indonesia, berbagai destinasi menarik di luar negeri pun menjadi tujuan yang tidak terelakkan. Kamu pun mungkin termasuk ke dalam kelompok yang senang berwisata ke luar negeri ini, bukan? Menikmati berbagai tempat baru dengan budaya yang berbeda dari yang diterima di negeri sendiri menjadi alasan kuat untuk terus melakukan perjalanan ke berbagai kota di dunia.

Persiapan matang tentulah harus dilakukan  agar liburanmu tidak merepotkan. Tidak hanya dari pemesanan tiket ataupun reservasi penginapan di kota tujuan, masalah ponsel pun tidak boleh luput dari perencanaanmu. Jangan sampai karena masalah ponsel, kamu menjadi kesulitan ketika berjalan-jalan di destinasi favoritmu tersebut. Khususnya untuk ponsel, pulsa kerap menjadi permasalahan utama ketika gadget-mu tersebut di bawa ke luar negeri.

Kerap dialami oleh para traveler, pulsanya habis mendadak ketika tiba di luar negeri karena layanan roaming yang begitu deras. Jika hal ini terjadi, kamu bisa saja membeli pulsa di situs Traveloka yang menyediakan layanan penjualan pulsa dan paket internet selama 24 jam nonstop. Namun, membeli pulsa secara terus-menerus tentu akan membuat anggaran liburanmu itu membengkak, bukan? Masalah lainnya, kamu sangat mungkin tidak dapat menggunakan ponselmu karena belum men-setting operatornya untuk layanan di luar negeri. Jadi, sebelum mengalami berbagai masalah tersebut di luar negeri, lebih baik kamu mempersiapkan hal-hal berikut ini sebelum mulai berjalan-jalan, yuk.

1. Daftarkan Paket Roaming

Guna menghemat biaya dan memastikan ponselmu dapat terus digunakan untuk berkomunikasi di luar negeri, kamu sebaiknya mendaftarkan nomor ponselmu ke dalam fasilitas paket roaming. Hampir setiap operator GSM memiliki fitur yang satu ini. Dengan memanfaatkan paket roaming, kamu bisa memastikan bahwa nomor ponselmu tetap berlaku di destinasi. Selain itu, paket roaming juga dapat membantumu menghemat anggaran sebab dengan mendaftar ke paket ini, kamu bisa mendapatkan data yang cukup untuk menelepon, mengirim pesan, hingga kuota internet agar tetap eksis. Untuk paket ini, memang tidak semua operator menyediakan paket roaming ke semua negara. Biasanya, hanya di negara-negara yang kerap menjadi kunjungan wisatawan Indonesia yang bisa kamu berlakukan paket roaming ini.

2. Ponsel dengan Dual Sim-card? Lebih Baik

Sebagian besar ponsel pintar yang tersedia saat ini memiliki fasilitas dual sim card. Sebagian besar orang juga kerap memanfaatkannya dengan menggunakan dua nomor dari operator yang berbeda. Jika kamu cerdik, dua tempat sim card di ponsel pintarmu juga bisa membantumu menghemat pulsa di luar negeri, loh. Sebelum berangkat, kamu cukup mengisi satu sim card saja pada ponselmu. Ketika sampai di tempat tujuan, segeralah membeli kartu dari operator murah di negara tersebut. Jangan lupa untuk meminta penjualnya mengatur setting dari sim card tersebut. Cara ini akan membuatmu memiliki dua opsi setiap kali hendak berkomunikasi dengan orang rumah maupun kerabat di dalam negeri. Layanan pesan singkat bisa menggunakan operator bawaan karena lebih murah, sementara untuk berinternet, sebaiknya kamu memercayakannya kepada sim card operator lokal yang ada di negara tersebut.

3. Matikan Data Internet Sebelum Berangkat

Jangan senang terlebih dahulu apabila ketika turun dari pesawat dan menyalakan ponsel, kamu bisa langsung menerima banyak e-mail atau chat dari aplikasi pesan instan yang populer. Nyatanya, pesan-pesan berbasis internet tersebut akan membobol habis pulsa regulermu maupun paket internetmu. Walaupun kamu bisa membeli pulsa dengan mudah di Traveloka bahkan saat sedang berada di luar negeri, tentunya kecerobohan yang membuat pulsamu cepat habis harus diakhiri. Kamu harus memastikan diri bahwa data internet di ponsel pintarmu sudah kamu matikan sebelum waktu keberangkatan. Ketika tiba di tujuan, jangan langsung mengaktifkannya. Sebaiknya, kamu lebih mengandalkan wi-fi yang tersedia di fasilitas-fasilitas publik di lokasi tersebut. Kalau ingin berinternet lebih bebas, segera belilah kartu dari operator lokal yang terkenal murah memberikan paket internet yang kamu butuhkan.

Liburan sangat mampu untuk membangkitkan energimu dan menyegarkan pikiranmu. Namun jika tidak dipersiapkan dengan benar, justru sangat mungkin kamu mendapat banyak pikiran baru seusai liburan. Contohnya, kamu dapat tidak bisa semalaman karena memikirkan nominal pulsa yang habis selama traveling tersebut.

Ketiga tips di atas dapat menjadi jawaban buat kamu yang ingin liburannya selama di luar negeri tetap hemat dan tidak mengganggu komunikasimu dengan orang rumah maupun teman-teman di Tanah Air. Masih ragu ketiga tips tersebut bisa menjawab permasalahanmu soal komunikasi di negeri orang? Buktikan saja sendiri dengan langsung menyusun rencana liburan ke negara-negara impianmu.

Previous
Next Post »

Artikel Menarik lainnya

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *