Tips trik komputer & Android terbaru dan paling kece

Cara Membuat Paspor Dengan Mudah

Hallo, apakah kamu ingin bepergian keluar Negeri? atau ada keperluan lain selain pergi keluar negeri atau mungkin hanya untuk koleksi saja.

cara bikin paspor
cara membuat paspor
Memang biasanya kalau ingin pergi keluar negeri kita wajib mempunyai paspor atau orang bilang KTP internasional. Sekarang membuat paspor sangat mudah sekali tanpa harus memakai calo atau apalah segala macamnya, dan yang jelas tidak ada pungli-pungli gitu.

Pokoknya membuat paspor sekarang sangat mudah sekali. Kemarin aku membuat paspor, keperluannya ingin daftar di shutterstock, karena daftar disitu harus menggunakan paspor. Jadi orang imigrasi itu heran haha.

Baiklah jika kamu ingin tahu bagaimana cara aku membuat paspor alasan tanpa pergi keluar negeri mari kita simak:

1. Menyiapkan dokumen

Hal yang pertama yang wajib kamu siapkan adalah dokumen-dokumen seperti:
  • Ijazah 
  • KTP/SIM
  • Akta Kelahiran
  • Kartu Keluarga
  • Uang Rp 355.000;-
Ingat! yang dibawah itu dokumen asli dan potocopy ya semuanya. Dan potocopy KTP juga harus satu lembar seperti ini

fotocopy ktp untuk membuat paspor
Potocopy ktp yang benar

2. Datang ke kantor imigrasi pagi-pagi dan berpakaian rapi

Usahakan datang pagi-pagi supaya kamu tidak dapat antrian yang jauh. Kalau misalkan orang yang daftar untuk membuat paspor hari ini sudah 50, maka kamu tidak bisa lagi, dan harus menunggu hari esok. Jadi datanglah pagi-pagi.

Setelah itu jangan lupa untuk berpakaian rapi, pakai kemeja. Karena jika semua dokumen kamu sudah lengkap maka hari itu juga kamu diwawancara dan berfoto.

3. Wawancaranya bagaimana?

Pastinya jika kamu membuat paspor tujuannya ingin pergi keluar negeri pasti kamu menjawabnya mudah dan tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Tetapi jika tujuan kamu membuat paspor hanya ingin mendaftar di shutterstock pasti kamu harus menjelaskan panjang lebar.

Kemarin aku ditanya begini!

Orang imigrasi : Tujuan kamu buat paspor apa, ingin kemana?
Fikri : Gak ingin kemana-mana pak!
Orang imigriasi : lah, terus? kenapa kamu buat paspor?
Fikri : Anu pak, aku mau ikut Bisnis Online, kayak buat-buat logo atau gambar illustrasi gitu di shutterstock, dan syaratnya itu harus punya paspor!
Orang imigrasi : Shutterstock itu apa?
Fikri :  Itu tadi pak, tempat penjualan logo-logo. Nanti kita buat logo, terus kalau logo kita itu ada yang beli, kita dapat $.

Dan setelah itu tamat! orang imigrasinya cuek aja hehe... dan setelah semuanya beres, saya disuruh tanda tangan. dan dikasih 2 lembar kertas, 1 kertas untuk bayar uang di bank yang satunya lagi untuk dibawa ke kantor imigrasi pas untuk pengambilan paspor nanti.

4. Pergi ke Bank


Nanti setelah wawancara kamu akan disuruh pergi ke Bank dengan membawa kertas tadi. Disini terserah mau pergi ke Bank mana. BRI, BNI, BCA, Mandiri, kantor POS juga bisa. Tapi aku kemarin bayarnya di Bank mandiri. Nanti kamu akan dikasih bukti pembayarannya yang asli dan fotocopy.

5. Balik lagi ke kantor imigrasi

Berikan bukti pembayaran yang diberikan bank tadi baik itu yang potocopy maupun yang asli. Setelah itu tunggu selama 3 hari atau lebih, tapi kemarin aku cuman 3 hari udah jadi. Ingat kertas yang kedua tadi jangan sampai hilang untuk ngambil pospornya nanti.

6. Pulang dan nunggu 3 hari lagi

Setelah semuanya selesai kamu tinggal santai dirumah dan nunggu selama 3 hari. Setelah 3 hari kamu datang lagi ke kantor Imigrasi terdekat di kotamu. Bawa juga kertas yang dikasih orang imigrasi tadi. Menunggu sebentar, dan paspor udah jadi...

Paspor Fikri
Paspor Fikri
Dah gitu aja! gampang sekali bukan membuat paspor, tapi kalau kamu masih ragu dan bingung kita bisa diskusikan dikolom komentar dibawah. Ya udah, itu saja pengalaman aku buat paspor kemarin semoga artikel Cara Membuat Paspor Dengan Mudah ini bisa membantu teman-teman.

Previous
Next Post »

Artikel Menarik lainnya

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *